PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 TANJUNGPINANG

Napthalena, Cynthia Nadya PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 TANJUNGPINANG. PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Cynthia Nadya Napthalena-140384202076-FKIP-2019.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Tanjungpinang. Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil secara acak, yaitu kelas VII.10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yaitu pretest dan posttest, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari dua instrumen yaitu instrumen utama dan pendukung. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen pendukung dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pendekatan open ended dikatakan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis apabila peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata gain kelas eksperimen yaitu 0,31 yang lebih tinggi dengan rata-rata gain kelas kontrol yaitu 0,19. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Cynthia Nadya Napthalena
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:11
Last Modified: 19 Feb 2019 01:11
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item