PENERAPAN PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG

Sari, Maya PENERAPAN PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG. PENERAPAN PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
MAYA SARI-140384202007-FKIP-2019.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII 1 SMP Negeri 6 Tanjungpinang setelah memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Osborn pada materi bilangan pecahan. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen dengan design PreEksperimen bentuk One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata nilai postest kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Rata-nilai postest mengalami peningkatan sebesar 21 dari nilai pretest. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran Osborn. Besarnya peningkatan dihitung menggunakan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t-test berpasangan dihasilkan nilai signifikan 0,000. Hal ini berarti nilai p<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Osborn.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Maya Sari
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:53
Last Modified: 18 Feb 2019 06:53
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item