STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Roidanis, Roi STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. pp. 1-12. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Jurnal 2019 sudah PDF dan WATERMARK.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan nilai pendidikan dalam cerita rakyat di Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas. Struktur meliputi tokoh dan penokohan, alur, latar, dan tema. Nilai pendidikan meliputi nilai pendidikan religius, moral, sosial, dan budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari informasi lisan informan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, perekaman, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu mentranskripsi, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menyimpulkan dengan cara mendeskripsikan dengan jelas. Hasil penelitian ini terdapat 5 cerita rakyat, cerita-cerita tersebut berjudul Asal Usul Tokong Belayar, Legenda Kalan Lemau, Legenda Sungai Nek Amat, Legenda Gunung Kute, dan Asal Usul Pasir Merah. Secara keseluruhan cerita rakyat di Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas dapat disimpulakan bahwa adanya tokoh dan penokohan protagonis, antagonis, dan tokoh pelengkap. Alur cerita Asal Usul Tokong belayar, Legenda Sungai Nek Amat, dan Asal Usul Pasir Merah adalah alur maju, sedangkan Legenda Kalan Lemau dan Legenda Gunung Kute adalah alur campuran. Latar tempat, waktu, dan suasana berbeda-beda. Tema cerita rakyat Asal Usul Tokong Belayar adalah anak durhaka, Legenda Kalan Lemau adalah perompak, Legenda Sungai Nek Amat adalah berjuang mengadu nasib, Legenda Gunung Kute adalah berjuang, dan Asal Usul Pasir Merah adalah Jumat berduka. Nilai pendididkan religius yaitu adanya keyakinan dan beribadah. Nilai pendidikan moral yaitu adanya moral baik dan moral buruk. Nilai pendidikan sosial yaitu adanya interaksi, kerja sama, dan tolong-menolong. Nilai pendidikan budaya yaitu adanya adat, kreativitas, dan kepercayaan. Kata Kunci: Struktur, Nilai Pendidikan, Cerita Rakyat

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Roidanis Roidanis Roidanis
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:50
Last Modified: 20 Feb 2019 07:50
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item