Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau dan Keterkaitannya terhadap Konsep Matematika Sekolah pada Kurikulum 2013

Nurhikmah, Siti Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau dan Keterkaitannya terhadap Konsep Matematika Sekolah pada Kurikulum 2013. Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau dan Keterkaitannya terhadap Konsep Matematika Sekolah pada Kurikulum 2013. (Unpublished)

[img] Text
SITI NURHIKMAH_140384202035_FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA.docx

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan budaya terhadap pembelajaran di sekolah membuat budaya perlahan dilupakan. Sehingga diperlukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika ragam corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau yang dikaitkan dengan konsep matematika sekolah yang terkandung ke dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desain etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen utama yaitu peneliti dengan berbantuan isntrumen pendamping yaitu lembar observasi dan wawancara. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat beberapa aktivitas matematika dalam ragam corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau yaitu aktivitas mengukur, aktivitas menghitung dan aktivitas mendesain pada proses pembuatan corak dari tahap pengukuran, perkiraan jumlah corak yang akan dibuat dan keunikan teknik pendesainan dari masing-masing corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau. 2) Terdapat konsep matematika sekolah dalam Kurikulum 2013 pada ragam corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah yaitu : bangun datar dan bangun ruang, pecahan, perbandingan, kongruenan, simetri dan transformasi geometri. Kata Kunci: Etnomatematika ragam corak ukiran, khas Melayu Kepulauan Riau, konsep matematika, kurikulum 2013

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nurhikmah
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:22
Last Modified: 20 Feb 2019 02:22
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item