EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG

Rhomadhani, Nungki Nuralita EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
NUNGKI NURALITA-140384202023-FKIP-2019.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan lembar angket. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen sebesar 0,57, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,37. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nungki Nuralita nnr
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:43
Last Modified: 15 Apr 2019 01:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item