Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Batam

Abdul Aliy, Fawwaz Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Batam. Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Batam. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
FAWWAZ ABDUL ALIY-140384202031-FKIP-2019.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Batam Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Batam tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 318 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas XI Elektronika I dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Otomasi I yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi persamaan kuadrat. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,6466, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3537. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α= 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < α, maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fawwaz Abdul Aliy
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:05
Last Modified: 18 Feb 2019 07:05
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item