PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KEKHASAN ATOM KARBON

Kurniati, Septi PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KEKHASAN ATOM KARBON. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KEKHASAN ATOM KARBON. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SEPTI KURNIATI-140384204017-FKIP-2019.pdf

Download (471kB) | Preview
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran kimia mengharuskan siswa untuk memperoleh pengalaman langsung agar siswa dapat mengembangkan kompetensinya sehingga siswa dapat menjelajahi dan memahami alam disekitar, serta membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis. Penyampaian pembelajaran yang baik juga merupakan peran guru yang sangat penting. Sayangnya, masih saja ada guru yang menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran kimia sehingga membuat siswa mudah jenuh dan membuat suasana kelas tidak komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sigifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tanjungpinang dengan jumlah 72 siswa. Masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa. Pada kelas eksperimen, proses bembelajaran di kelas menggunakan model Argument Driven Inquiry. Sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk uraian. Analisis data dari kedua kelompok menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 0,02. Data menunjukkan t-hitung < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pemebelajaran Argument Driven Inquiry berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 2 Tanjungpinang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Septi Kurniati
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:16
Last Modified: 20 Feb 2019 04:16
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item