PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PASANGAN KARTU UNSUR (PAKANSUR) PADA MATERI UNSUR KELAS VII UNTUK SISWA SMP/MTs

Sui Seiki, Retno PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PASANGAN KARTU UNSUR (PAKANSUR) PADA MATERI UNSUR KELAS VII UNTUK SISWA SMP/MTs. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PASANGAN KARTU UNSUR (PAKANSUR) PADA MATERI UNSUR KELAS VII UNTUK SISWA SMP/MTs. (Unpublished)

[img] Text
RETNOSUISEIKI-140384204001-FKIP-2019.docx

Download (189kB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Media pembelajaran sebagai sarana untuk membantu menyampaikan informasi dari guru kepada siswa. Sasaran penggunaan media pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik lebih memahami konsep materi sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian yang berjudul pengembangan media pembelajaran pasangan kartu unsur (PAKANSUR) pada materi unsur kelas VII untuk siswa SMP/MTs bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran berupa pasangan kartu unsur serta mengetahui validitas dan praktikalitas kartu yang dihasilkan; 2) tanggapan siswa terhadap media pembelajaran pasangan kartu unsur yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4D yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu (1) define, (2) design, (3) development, (4) Desiminate, dalam penelitian ini hanya di gunakan sampai tahap development. Pengumpulan data dilakukan di SMP Swasta Bintan Tanjungpinang, dengan siswa sebanyak 9 orang. Hasil pengembangan media pembelelajaran pasangan kartu unsur ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat validasi 91%, dan uji ahli media mencapai tingkat validasi 96%. Persentase tanggapan siswa terhadap media pembelajaran pasangan kartu unsur dikembangkan sebesar 81,67% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa media pembelajaran pasangan kartu unsur yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran materi unsur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: RETNO SUI SEIKI
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:44
Last Modified: 15 Apr 2019 01:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item