KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN BINTAN PESISIR TAHUN 2018 (STUDI PADA PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN PEMBUATAN KTP DAN KK)

Nursafrini, Nursafrini KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN BINTAN PESISIR TAHUN 2018 (STUDI PADA PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN PEMBUATAN KTP DAN KK). KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN BINTAN PESISIR TAHUN 2018 (STUDI PADA PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN PEMBUATAN KTP DAN KK). (Unpublished)

[img]
Preview
Text
NURSAFRINI-130565201039-FISIP-2019.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dijelaskan bahwa kebijakan ini merupakan sebuah inovasi sederhana namun memberikan manfaat yang besar, selain mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan, juga memperbaiki citra dan legitimasi pemerintah daerah dimata masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya di Kecamatan Bintan Pesisir masih terjadi beberapa gejala permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan PATEN tersebut yaitu tempat mengantri mayarakat yang sedang dalam pengurusan masih sangat terbatas, antrian masih menggunakan manual. Masih seringnya terjadi keterlambatan dalam pengurusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Bintan Pesisir Tahun 2018 (Studi pada pelayanan rekomendasi permohonan pembuatan KTP dan KK). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 5 indikator yaitu tangible, realibility, responsivitas. assurance, empathy. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Bintan Pesisir Tahun 2018 (Studi pada pelayanan rekomendasi permohonan pembuatan KTP dan KK) sudah berjalan dengan baik, dapat dilihat dari Tangible dengan skor 68,85 sehingga dapat diketahui dalam penelitian ini bahwa skor tersebut berada pada kategori baik. Reliability skor 82,34 , hal ini sesuai dengan sekala yang ditentukan bahwa reliability berada pada ketegori sangat baik. Responsivitas sudah berjalan dengan baik dengan skor 68,75 kemudian Assurance juga baik dengan dengan skor 74,25 dan Empathy dengan skor yaitu 75,74 yaitu dalam kategori baik, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan perlunya perbaikan alat bantu dalam pelaksanaan pelayanan. Perlunya perhatian atas kedisiplinan pegawai dalam menjalankan tugas khususnya dalam bidang pelayanan. Pegawai belum sepenuhnya dapat dengan cermat dalam menganggapi keluhan masyarakat Kecepatan dalam melaksanakan tugas masih memerlukan perhatian, hal ini tentunya sangat memberikan kesan terhadap pelayanan yang cepat kepada masyarakat. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Administrasi Kependudukan

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Division: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nursafrini Nursafrini
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:46
Last Modified: 20 Feb 2019 07:46
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item