PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POP-UP UNTUK MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA

Vatihah, Nurul PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POP-UP UNTUK MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA. PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POP-UP UNTUK MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
NURUL VATIHAH-140384204021-FKIP-2019.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Modul merupakan sarana dalam kegiatan pembelajaran, dengan adanya modul dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi dan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul kimia berbasis pop-up serta mengetahui validitas modul yang dihasilkan. Jenis penelitian ini merupakan research and development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan dessiminate, tetapi pada penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul pembelajaran kimia berbasis pop-up pada materi larutan penyangga diperoleh dari hasil penilaian ahli materi sebesar 91,25% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul kimia berbasis pop-up yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran larutan penyangga.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurul Vatihah Vatihah
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:12
Last Modified: 20 Feb 2019 08:12
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item