Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 14 Tanjungpinang

sari, dian retno Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 14 Tanjungpinang. Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 14 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
repositori dian retno sari.pdf - Draft Version

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui Tutor Sebaya di kelas VIII SMP Negeri 14 Tanjungpinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Tanjungpinang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Data dari hasil tes, observasi dan catatan lapangan dari semua data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Tanjungpinang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran melalui metode Tutor Sebaya. Hal ini ditunjukkan untuk skor setiap aspek kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa sebanyak 60,00% dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek kemampuan mengilustrasikan ide-ide matematika, sebanyak 68,57% dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek kemampuan menuliskan jawaban sesuai dengan maksud soal dan sebanyak 71,42% dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek kemampuan membuat simpulan secara tertulis menggunakan bahasa sendiri. Rata-rata nilai tes pada siklus I adalah 6,40 pada kategori cukup dan pada silus II meningkat menjadi 7,98 pada kategori baik. Dengan demikian, siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: dian retno sari
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:30
Last Modified: 20 Feb 2018 07:30
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item