Tindak Tutur Ekspresif dan Direktif Guru Matapelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang

Afradila, Siska Tindak Tutur Ekspresif dan Direktif Guru Matapelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Tindak Tutur Ekspresif dan Direktif Guru Matapelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
SISKA AFRADILA-150388201062-FKIP-2019.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi juga sangat penting dalam penerapannya ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. Peran guru dalam menggunakan bahasa dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi hasil penerimaan siswa terhadap materi yang disampaikan, oleh karena itu peran bahasa dalam pembelajaran tidak dapat dipisahkan karena interaksi belajar mengajar tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya bahasa. Tindak tutur yang dilakukan oleh guru dan siswa dapat menjadi tolok ukur keefektifan komunikasi dalam pembelajaran. Komunikasi yang terjadi di dalam kelas harus berlangsung secara efektif dan efisien, sehingga siswa mudah menangkap maksud yang disampaikan oleh guru. Proses komunikasi ini tidak akan menjadi efektif dan efisien apabila bahasa yang digunakan oleh penutur tidak mampu dipahami oleh mitra tutur. Pada latar belakang di atas maka permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu Bagaimana tindak tutur ekspresif pada tuturan guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang?, Bagaimana tindak tutur direktif pada tuturan guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang?, Apakah terdapat pengaruh antara guru dengan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia?. Dalam penelitian ini peneliti hanya meneliti tindak tutur ekspresif dan direktif. Untuk mendapatkan semua data-data yang bisa mendukung objek penelitian ini, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan dengan menggunakan teknik Simak Libat Bebas Cakap (SLBC), rekaman, dan catat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 21 tindak tutur ekspresif dan 90 tindak tutur direktif. Dengan demikian tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjungpinang jenis tindak tutur yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur direktif dan tindak tutur yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur ekspresif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: siska Afradila
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:25
Last Modified: 14 Aug 2019 07:25
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item View Item