PENGEMBANGAN BUTIR SOAL ELEKTRONIK BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI IKATAN KIMIA

Harsinta, Dessi and Eka, Putra Ramdhani and Inelda, Yulita PENGEMBANGAN BUTIR SOAL ELEKTRONIK BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI IKATAN KIMIA. Pengembangan Butir Soal Elektronik Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada Materi Ikatan Kimia. (Unpublished)

[img] Text
DESSI HARSINTA-150384204003-FKIP-2019.pdf

Download (307kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Salah satu materi kimia yang terkait dengan fenomena dalam kehidupan dan melibatkan representasi makroskopik adalah materi ikatan kimia. Karakteristik kontekstual pada soal HOTS diharapkan mampu membantu siswa memahami representasi makroskopik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal elektronik berbasis HOTS (High Order Thingking Skill) pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan tipe development study oleh Tessmer (1993) yang terdiri dari dua tahapan utama yaitu tahap preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MIPA 2 dan 6 siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 1 tahun ajaran 2018/2019 sehingga subjek penelitian berjumlah 39 orang. Soal yang dikembangkan adalah soal elektronik yang didesain menggunakan aplikasi adobe flash cs3 menjadi aplikasi soal yang berisi 20 butir soal pilihan ganda. Soal dapat diakses melalui komputer yang tidak memiliki aplikasi adobe flash cs3 maupun yang memiliki aplikasi adobe flash versi lain karena file disimpan dalam bentuk exe. Soal dikembangkan melalui tahap penilaian ahli dan tahap satu untuk satu sehingga memperoleh masukan untuk menyempurnakan soal. Pada tahap Satu untuk satu diperoleh perbaikan dari segi perbaikan gambar dan kata-kata yang salah ketik. Selain itu tombol menu pada aplikasi semuanya berjalan dengan baik dan animasi serta video dapat berfungsi dengan baik. Penilaian ahli evaluasi pertama menunjukkan soal valid 82,67%. Penilaian ahli evaluasi kedua menunjukkan soal valid 99,91% dan penilaian ahli materi menunjukkan soal valid 90,88%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dessi Harsinta
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:23
Last Modified: 09 Aug 2019 08:23
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item