ANALISIS PRESUPPOSISI WACANA IKLAN MINUMAN DAN MAKANAN RINGAN PADA JEDA ACARA TELEVISI TALK SHOW MATA NAJWA

Striyana, Endang ANALISIS PRESUPPOSISI WACANA IKLAN MINUMAN DAN MAKANAN RINGAN PADA JEDA ACARA TELEVISI TALK SHOW MATA NAJWA. ANALISIS PRESUPPOSISI WACANA IKLAN MINUMAN DAN MAKANAN RINGAN PADA JEDA ACARA TELEVISI TALK SHOW MATA NAJWA. (Unpublished)

[img] Text
ENDANG STRIYANA-150388201006-FKIP-2019.pdf

Download (347kB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis presupposisi wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisi Talk Show Mata Najwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan presupposisi wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisi Talk Show Mata Najwa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara Talk Show Mata Najwa yang dimulai dari Oktober hingga Desember 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dalam pelaksanaan penjaringan data metode simak diwujudkan melalui teknik dasar dan teknik lanjutkan. Teknik dasar metode simak menggunakan teknik sadap sedangkan teknik lanjutannya menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa presupposisi pada wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisi Talk Show Mata Najwa ditemukan berbagai macam presupposisi minuman dan makanan ringan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terlihat bahwa pada wacana iklan minuman dan makanan ringan jenis presupposisi non faktif adalah presupposisi yang paling dominan diantara presupposisi lainnya peneliti juga menemukan presupposisi eksistensial, presupposisi faktif, presupposisi struktural dan presupposisi konterfaktual dan peneliti tidak menenemukan presupposisi leksikal pada wacana iklan minuman. Selanjutnya pada wacana iklan makanan ringan peneliti menemukan presupposisi eksistensial, presupposisi faktif, presupposisi non faktif, presupposisi struktural dan presupposisi leksikal dan peneliti tidak menenemukan presupposisi konterfaktual pada wacana iklan makanan ringan. Kata Kunci: presupposisi, wacana iklan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Endang Endang Striyana
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:35
Last Modified: 14 Aug 2019 07:35
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item