Struktur dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler karya Lia Nuralia sebagai alternatif bahan ajar bagi siswa kelas VII

Riani, Retno Struktur dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler karya Lia Nuralia sebagai alternatif bahan ajar bagi siswa kelas VII. Struktur dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler karya Lia Nuralia sebagai alternatif bahan ajar bagi siswa kelas VII. (Unpublished)

[img] Text
RETNO RIANI-140388201051-FKIP.pdf

Download (312kB)
Official URL: http://FKIP.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang struktur dan nilai pendidikan karakter dalam legenda, serta relevansinya terhadap bahan ajar bagi siswa SMP. Adapun tujuan yang dicapai adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur dan nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam legenda putra lokan, Putri pandan berduri, putri tujuh, dan kolam putri yang di terapkan dalam bahan ajar pada siswa SMP melalui legenda. Penelitian ini merupakan analisis konten. Subjek penelitian ini adalah legenda putra lokan, putri pandan berduri, putri tujuh, dan kolam putri di kepulauan Riau. Penelitian ini di fokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan struktur dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam legenda putra lokan, putri pandan berduri, putri tujuh, dan kolam putri. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tujuan pengkajian dan pendeskripsi permasalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: struktur yang terkandung dalam legenda mencakup tema, latar, tokoh, dan alur. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam legenda mencakup nilai religius, disiplin, peduli sosial, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta tanah air, tanggung jawab, cinta damai, demokratis, kerja keras, menghargai prestasi. Legenda ini dapat dijadikan bahan pembelajaran sastra disekolah menengah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > LD Individual institutions (United States)
L Education > LE Individual institutions (America except United States)
L Education > LF Individual institutions (Europe)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
L Education > LT Textbooks
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Retno Riani
Date Deposited: 12 Aug 2019 05:11
Last Modified: 12 Aug 2019 05:11
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item