KEMAMPUAN MEMAHAMI PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

zul, kifli (2019) KEMAMPUAN MEMAHAMI PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. KEMAMPUAN MEMAHAMI PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

[img] Text
jurnal-zulkifli.pdf

Download (400kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

KEMAMPUAN MEMAHAMI PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 1_( Zulkifli) 2_(Hj.Isnaini Leo Shanty,M.Pd.) 3_(Drs.Suhardi,M.Pd.) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Satra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritime Raja Ali Haji Nomor Handphone : 081276200842 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan memahami Paragraf Deduktif dan Induktif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah metode yang membicarakan beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data, menyusun data, menganalisis, dan menginterpretasikannya dan teknik yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Adapun hasil tes, kemampuan siswa memahami kalimat utama pada paragraf deduktif adalah termasuk kategori ‘baik’. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian berdasarkan 5 soal yang memuat indikator tentang kemampuan menentukan kalimat utama pada paragraf deduktif, yakni yakni rata-rata 154 dibagi 40 siswa bejumlah 3,85. Kemampuan siswa memahami kalimat utama pada paragraf induktif adalah termasuk kategori ‘baik’. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian berdasarkan 5 soal yang memuat indikator tentang kemampuan menentukan kalimat utama pada paragraf induktif, yakni rata-rata 169 dibagi 40 siswa berjumlah 4,23. Kemampuan siswa memahami kalimat penjelas pada paragraf deduktif adalah termasuk kategori ‘baik’. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian berdasarkan 5 soal yang memuat indikator tentang kemampuan menentukan kalimat penjelas pada paragraf deduktif, yakni rata-rata 178 dibagi 40 berjumlah 4,14. Kemampuan siswa memahami kalimat penjelas pada paragraf induktif adalah termasuk kategori ‘baik’. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian berdasarkan 5 soal yang memuat indikator tentang kemampuan menentukan kalimat penjelas pada paragraf induktif, yakni rata-rata 173 dibagi 40 siswa berjumlah 4,03. Jadi, simpulan yang dapat diambil oleh peneliti berdasarkan nilai kemampuan memahami paragraf deduktif dan induktif siswa adalah tergolong ‘tinggi’ dengan nilai rata-rata 86.25. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak karena dilihat dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa kemampuan memahami paragraf deduktif dan induktif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bintan, tahun 2018/2019 tergolong tinggi bukan cukup. Kata kunci : Paragraf Deduktif dan Induktif

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: zul kifli zulkifli
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:35
Last Modified: 14 Aug 2019 07:35
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item