Laju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten BintanLaju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten Bintan

bernad, Bernad Rafhael M (2018) Laju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten BintanLaju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten Bintan. Laju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten Bintan.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILIMIAH BERNAD RAFHAEL MATONDANG.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

MATONDANG RAFHAEL, BERNAD. Laju Pertumbuhan Daun Enhalus acoroides berdasarkan Area Pasang dan Surut di Perairan Desa Pengudang Kabupaten Bintan. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing oleh Winny Retna Melani, dan Susiana. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju pertumbuhan daun lamun Enhalus acoroides dengan perlakuan perbedaan lokasi dan mengukur kondisi perairan di Desa Pengudang, sebagai informasi untuk pengelolaan lamun. Penelitian ini di laksanakan pada bulan September 2017 - Januari 2018 di perairan Desa Pengudang dengan metode Rancangan Acak Lengkap/RAL. Diperoleh hasil rata-rata pertumbuhan daun Enhalus acoroides pada kawasan kering sebesar 0,390,01 cm/hari, pada kawasan setengah terendam sebesar 0,720,06 cm/hari, serta pada kawasan selalu terendam sebesar 0,630,08 cm/hari. Dari hasil pengukuran tersebut, pertumbuhan daun Enhalus acoroides tertinggi terjadi pada lokasi setengah terendam. Kemudian berdasarkan uji anova menyimpulkan bahwa perbedaan lokasi berdasarkan karakteristik pasang dan surut air, secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan daun lamun Enhalus acoroides. Sedangkan pengukuran parameter perairan di Desa Pengudang menyatakan bahwa perairan tersebut masih berada di bawah ambang baku mutu dari KEPMEN LH Nomor 51 Tahun 2004. Kata kunci : Enhalus acoroides, Laju pertumbuhan, Kualitas Perairan, Desa Pengudang.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Bernad Bernad Rafhael Matondang Bernad
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:07
Last Modified: 15 Feb 2018 08:07
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item