Efektifitas Penggunaan Media GOCE (Games On Chemical Equilibrium) Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI MAN Bintan

vabiola, anggriani Efektifitas Penggunaan Media GOCE (Games On Chemical Equilibrium) Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI MAN Bintan. Efektifitas Penggunaan Media GOCE (Games On Chemical Equilibrium) Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI MAN Bintan. (Unpublished)

[img] Text
VABIOLA ANGGRIANI SAKRI-150384204022-FKIP-2019.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media GOCE (Games on Chemical Equilibrium) berbasis Problem Based Learning yang efektif dilihat dari hasil belajar pretest dan pottest siswa. Model pengembangan media GOCE (Games on Chemical Equilibrium) berbasis Problem Based Learning menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes berupa pretest dan postest melalui uji coba terbatas. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media GOCE (Games on Chemical Equilibrium) Berbasis Problem Based Learning cukup efektif ditinjau dari hasil belajar siswa dengan perolehan n-gain sebanyak 0,64 dengan kategori sedang. Rata-rata nilai yang didapat oleh siswa pada saat pre-test adalah 26,47%, sedangkan untuk rata-rata nilai post-test adalah 73,82%. Sehingga, hasil analisis efektifitas penggunaan media GOCE (Games on Chemical Equilibrium) Berbasis Problem Based Learning yang telah dilakukan bahwa terdapat efektifitas cukup baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai pretest dan posttest.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Vabiola Anggriani
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:56
Last Modified: 09 Aug 2019 07:56
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item