EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA KEMAHIRAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII-1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

fitriani, widyaningsih EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA KEMAHIRAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII-1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA KEMAHIRAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII-1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

[img] Text
FITRIANI_WIDYANINGSIH-150388201037-PENDIDIKAN_BAHASA_INDONESIA.pdf

Download (479kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA KEMAHIRAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII-1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Fitriani Widyaningsih , Indah Pujiastuti , Legi Elfitra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang Posel: Fitrianiwidyaningsih23@gmail.com1, indah.pujiastuti2@gmail.com2, legi_elfitra@ac.id3 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Metode Hypnoteaching Berbantuan Media Audio pada Kemahiran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII-1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang dengan materi menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pre-Experimental Design dengan bentuk One group pretest-posttest design. Sedangkan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 242 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 34 orang. Secara umum kemahiran menulis puisi menggunakan metode hypnoteaching adalah 19 siswa memperoleh rentang nilai 90-100 dengan kategori A kualifikasi sangat baik dan 15 siswa memperoleh rentang nilai 72-89 dengan kategori B kualifikasi baik. Hasil rata-rata pretest adalah 64,62 sedangkan rata-rata posttest 88,50. Hasil uji hipotesis adalah diketahui thitung = 1.3721, dk= 32, dan taraf signifikan 0,05= 0,439. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hasil pengujian membuktikan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,3721 > 0,439 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode hypnoteaching efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tanjungpinang Tahun pelajaran 2018/2019 dengan materi menulis puisi. Kata kunci: Kemahiran menulis, metode Hypnoteaching, puisi

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: fitriani widyaningsih widyaningsih
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:36
Last Modified: 14 Aug 2019 07:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item