EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019

mira, dianti (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019.

[img] Text
E jurnal mira baru - Copy.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mira Dianti1, Legi Elfitra2, Indah Pujiatuti3 Universitas Maritim Raja Ali Haji1, Universitas Maritim Raja Ali Haji2, Universitas Maritim Raja Ali Haji3 Email: Miradianti08@gmail.com1, legi-elfitra@umrah.ac.id2, indahpujiastuti26@gmail.com3 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemahiran menulis teks eksposisi siswa kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan informasi dalam pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X Agama 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen one group pretest-postest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk nilai pretest kemahiran menulis teks eksposisi memperoleh kategori C “rendah”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 58,75, sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori B “tinggi”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 82,67. Jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 3,25 sedangkan ttabel dengan dk = 28-2 = 26 (ttabel = 0,37). Maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu : 0,37 < 3,25 > 0,37. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada efektivitas yang signifikan dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kemahiran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : kemahiran menulis, teks eksposisi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: mira dianti dianti
Date Deposited: 12 Aug 2019 05:00
Last Modified: 12 Aug 2019 05:00
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item