PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Al Rasyid, Muhammad PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. (Unpublished)

[img] Text
MUHAMAD ALRASYID-150384204014-FKIP-2019.pdf

Download (113kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan kolaborasi siswa menggunakan model Project Based Learning, keterampilan kolaborasi siswa menggunakan model Discovery Learning dan perbedaan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan model Project Based Learning dan Discovery Learning di SMAN 1 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang mana pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan rubrik keterampilan kolaborasi siswa kepada 40 siswa kelas eksperimen I, 40 siswa kelas eksperimen II, dan guru yang dibantu oleh guru pamong masing-masing selama empat pertemuan. Hasil penelitian menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 21. Kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model Project Based Learning memiliki keterampilan kolaborasi sangat tinggi dengan persentase ketercapaian indikator yaitu 84.05%, 89.30%, 92.66% dan 93.27% yang diisi oleh siswa. Dan kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan model Discovery Learning memiliki keterampilan kolaborasi tinggi dengan persentase yaitu 76.77%, 84%, 90.09% dan 90.82% yang diisi oleh siswa. Kemudian dari hasil uji Mann Whitney yang digunakan untuk mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi dari dua kelas yang berbeda, nilai signifikansi dari skor nilai kedua kelas tersebut lebih kecil dari α (0.05) yaitu pertemuan pertama 0.01 < 0,05, pertemuan kedua 0.033 < 0.05, pertemuan ketiga 0.033 < 0.05 dan pada pertemuan keempat nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0.032 < 0.05, karena nilai signifikansi lebih kecil dari α (0.05) hal ini bermakna bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan kolaborasi siswa dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kata kunci: Kolaborasi, Project Based Learning, Discovery Learning, Signifikansi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rasyid al
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:36
Last Modified: 14 Aug 2019 07:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item