KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIANTAN KABUPATEN ANAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

SUHARDI, JIMMI (2019) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIANTAN KABUPATEN ANAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIANTAN KABUPATEN ANAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019.

[img] Text
JURNAL-JIMMI SUHARDI.pdf

Download (340kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIANTAN KABUPATEN ANAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019 1Jimmi Suhardi E-mail: JimmiSuryadi48140@gmail.com 2Drs.Suhardi, M.Pd. 3Siti Habiba, Lc., M.Ag. Nomor Handphone : 085762848626 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siantan Kabupaten Anambas Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah metode yang membicarakan beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data, menyusun data, menganalisis, dan menginterpretasikannya dan teknik yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Teknik penarikan sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 30% dari jumlah populasi sebanyak 136 siswa dari 5 kelas dan setiap kelas masing-masing berjumlah 41 siswa. Adapun hasil tes, siswa yang mendapat nilai dengan keterangan gagal dalam kemampuan membaca berjumlah 1 siswa (2.43%), sedangkan siswa yang mendapat nilai dengan keterangan kurang dalam kemampuan membaca berjumlah 6 siswa (14.63%); siswa yang memiliki nilai dengan keterangan cukup dalam kemampuan membaca berjumlah 28 siswa (6.82%), siswa yang memiliki nilai kemampuan membaca dengan keterangan baik berjumlah 4 siswa (9.75%) dan siswa yang memiliki nilai kemampuan membaca dengan keterangan baik sekali berjumlah 2 siswa (4.87%). Hal ini berarti hipotesis diterima. Jadi, simpulan yang dapat diambil oleh peneliti berdasarkan nilai kemampuan membaca pemahaman siswa adalah tergolong ‘cukup’ dengan nilai rata-rata 70.48. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima karena dilihat dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantan, Kabupaten Anambas tahun 2018/2019 tergolong cukup. Kata kunci : Kemampuan, Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: JIMMI SUHARDI SUHARDI
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:46
Last Modified: 12 Aug 2019 07:46
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item