PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG

Nensy, Nensy PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG. PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img] Text
NENSY-140384205029-FKIP-2019.pdf

Download (683kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungpinang. jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa dengan tujuh indikator yang diamati yaitu: mengamati, menggunakan alat dan bahan, mengumpulkan data, meramalkan, menafsirkan, menerapkan konsep, dan berkomunikasi. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungpinang yang berjumlah 79 orang siswa. Kelas kontrol menggunakan model konvensional cooperative learning dan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning Materi yang diajarkan yaitu sistem koordinasi dengan melakukan praktikum berkelompok. Data penelitian diperoleh hasil post-test, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian menggunakan uji t test menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan pada hasil post-test keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan model discovery learning pada materi sistem koordinasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nensy Nensy Nensy
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:50
Last Modified: 12 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item