PENGEMBANGAN E-DIAGNOSTIC TEST TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ATOM DAN TABEL PERIODIK

Lumbantoruan, Desmaria PENGEMBANGAN E-DIAGNOSTIC TEST TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ATOM DAN TABEL PERIODIK. PENGEMBANGAN E-DIAGNOSTIC TEST TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ATOM DAN TABEL PERIODIK. (Unpublished)

[img] Text
DESMARIA LUMBANTORUAN-150384204028-FKIP-2019.pdf

Download (516kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengembangkan suatu instrumen e-diagnostic test two tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi atom dan tabel periodik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap Development. Pengumpulan data dilakukan di SMAN 3 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 27 orang. Teknik analisis data menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas konstruk oleh ahli diperoleh rata-rata 95,88% dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,98 menunjukkan bahwa soal tes reliable dan layak digunakan. Hasil pengembangan instrumen e-diagnostic test two tier multiple choice dengan rata-rata persentase hasil validasi pakar evaluasi pada tahap 1 dan tahap 2 mencapai 85,71% dan 97,61%. Hasil penelitian juga diketahui miskonsepsi pada subkonsep partikel penyusun atom sebesar 43%, subkonsep perkembangan model atom sebesar 80%, subkonsep nomor atom dan nomor massa sebesar 67%, subkonsep isotop, isoton, dan isobar sebesar 51%, subkonsep konfigurasi elektron sebesar 56%, subkonsep bilangan kuantum dan orbital sebesar 52%, dan subkonsep sifat-sifat unsur dalam tabel periodik sebesar 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk e-diagnostic test two tier multiple choice telah layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Kata kunci : e-diagnostic, miskonsepsi, atom dan tabel periodik, two tier, multiple choice

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Desmaria Lumbantoruan
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:24
Last Modified: 12 Aug 2019 02:24
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3569

Actions (login required)

View Item View Item