ELEMEN SUKSES PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI SISTEM ANJUNGAN PASPOR MANDIRI (APM) PADA KANTOR IMIGRASI KELAS II TANJUNG BALAI KARIMUN TAHUN 2017-2018

Sari, Nofiyana (2019) ELEMEN SUKSES PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI SISTEM ANJUNGAN PASPOR MANDIRI (APM) PADA KANTOR IMIGRASI KELAS II TANJUNG BALAI KARIMUN TAHUN 2017-2018. Elemen Sukses Penerapan E-government Melalui Sistem Anjungan Paspor Mandiri (APM) di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun Tahun 2017-2018.

[img] Text
NOFIYANA SARI - 150565201062 - FISIP - 2019.pdf

Download (342kB)

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun meluncurkan inovasi pelayanan pembuatan paspor berbasis elektronik yaitu Sistem Anjungan Paspor Mandiri (APM). Pelayanan berbasis elektronik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semua faktor elemen sukses yang mempengaruhi penerapan e-government pada sistem Anjungan Paspor Mandiri (APM) di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun. Analisis ini menggunakan elemen sukses pengembangan e-Government menurut Harvard JFK School of Government antara lain Support, Capacity, dan Value dalam Indrajit (2004: 15). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang dijadikan sebagai informan didalam penelitian ini sebanyak 11 orang. Hasil penelitian, menggunakan analisa Support, Capacity, dan Value menunjukkan bahwa berdasarkan variabel Support sudah baik jika dilihat dari segi dukungan, pengalokasian SDM, dan sosialisasi sepenuhnya sudah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, walaupun masih ditemukan kendala pada tiap indikator tersebut. Sementara variabel Capacity, dari segi sumber daya finansial dan ketersedian infrastruktur teknologi sudah memadai, namun minimnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang IT. Kemudian untuk variabel Value sudah baik, jika dilihat manfaat dari penerapan sistem Anjungan Paspor Mandiri ini mempermudahkan masyarakat dalam pelayanan permohonan paspor hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pelayanan keimigrasian setelah di laksanakan sistem APM ini. Kata Kunci: E-government, Pelayanan Publik, Anjungan Paspor Mandiri(APM)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Division: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: NOFIYANA SARI
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:18
Last Modified: 12 Aug 2019 04:18
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item