Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bhasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018

Fitri Indah, Yunita Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bhasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bhasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
E-JOURNAL-FITRI INDAH YUNITA-140388201063.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah,Fitri,Yunita. 2018. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bahasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang Kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbinh I : Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd. Pembimbing II : Titik Dwi Ramthi Hakim, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Analisis butir soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tingkat kesukaran dan daya pembeda soal ujian tengah semester ganjil bahasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang kelas VII. Alasan mengambil judul tersebut karena berdasarkan pengalaman peneliti selama praktik mengajar di SMPIT Al Madinah bahwa soal yang diujikan belum dilakukan analisis. Selain itu, remedi dilakukan bagi siswa yang mendapat nilai rendah tanpa mengetahui proses siswa tersebut mendapatkan nilai rendah. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut ke dalam skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi yaitu mengumpulkan soal dan jawaban ujian tengah semester ganjil bahasa Indonesia kelas VII, objek penelitian ini adalah butir soal ujian tengah semester ganjil bahasa Indonesia kelas VII. Dalam hal ini fokus penelitiannya adalah tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil analisis butir soal dari tingkat kesukaran tergolong mudah karena persentase lebih besar ditemukan 26 butir soal (58%) dengan kriteria mudah, 22 butir soal (44%) dengan kriteria sedang dan 2 butir soal (4%) dengan kriteria sukar. Sedangkan daya pembeda soal kategori jelek karena persentase kriteria jelek menunjukkan persentase yang paling besar yaitu dari 50 butir soal 29 soal dengan persentase (58%) berkriteria jelek, 15 soal dengan persentase (30%) berkriteria cukup, dan 6 soal dengan persentase (12%) berkriteria baik. Dapat disimpulkan soal ujian tengah semester ganjil bahasa Indonesia SMPIT Al Madinah Tanjungpinang kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018 belum sempurna.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: FITRI INDAH YUNITA
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:26
Last Modified: 20 Feb 2018 07:26
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item