Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Tanjungpinang

Jasira, Linda Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Tanjungpinang. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Tanjungpinang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Repositori Linda Jasira.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X SMK Pembangunan Tanjungpinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Pembangunan Tanjungpinang yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Data dari hasil tes, observasi dan catatan lapangan dari semua data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hal ini ditunjukkan untuk skor setiap aspek keterampilan menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel siswa menunjukkan bahwa sebanyak 62,96 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek keterampilan penjelasan ditulis secara matematis serta tersusun secara logis dan sistematis, sebanyak 74,07 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek keterampilan menggunakan metode secara lengkap serta mendapatkan solusi yang benar dan sebanyak 77,78 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek keterampilan membuat model matematika dengan benar, kemudian melakukan perhitungan dengan tepat serta mendapatkan solusi yang benar dan lengkap. Rata-rata nilai tes pada siklus I adalah 6,37%pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 7,68%pada kategori baik. Dengan demikian, siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Linda Jasira
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:28
Last Modified: 20 Feb 2018 07:28
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item