Pengembangan Soal Matematika Model Program For International Student Assessment (PISA) Konten Statistika untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa

Junika, Nielda (2019) Pengembangan Soal Matematika Model Program For International Student Assessment (PISA) Konten Statistika untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Sarjana S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Pengembangan Soal Model PISA)
Pengembangan Soal Matematika Model Program For International Student Assessment (PISA) Konten Statistika untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa W.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal matematika model PISA yang berkualitas pada konten statistika untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Four D) yang merupakan kepanjangan dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebarluasan) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII D SMP Negeri 1 Bintan semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menghasilkan seperangkat soal yang valid, reliabel, daya pembeda dan tingkat kesukaran yang baik. Valid dari segi konten, konstruk dan bahasa berdasarkan penilaian validator serta dari hasil uji validitas soal. Reliabel berdasarkan hasil uji reliabilitas dengan pencapaian kriteria cukup dan bagus. Daya pembeda soal yang baik dengan kesanggupan soal menggolongkan kemampuan siswa uji coba menjadi 3 dan 4 kelompok. Tingkat kesukaran yang baik dengan adanya keragaman tingkat kesukaran butir soal yaitu sulit, sedang, dan mudah. Uji coba produk menghasilkan 28 soal butir soal yang berkualitas yang terdiri 4 paket, yang masing-masing paket memiliki 7 soal uraian dengan alokasi waktu 2×40 menit.

Item Type: Thesis (Sarjana S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nielda NJ Junika
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:41
Last Modified: 14 Aug 2019 07:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item