Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kartu Hidrokarbon (PAKABON) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

yuliana, yuliana (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kartu Hidrokarbon (PAKABON) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kartu Hidrokarbon (PAKABON) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA.

[img] Text
Artikel yuliana-140384204035-kimia.pdf

Download (520kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kartu Hidrokarbon (PAKABON) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA Yuliana*, Friska Septiani Silitonga2, Ardi Widhia Sabekti3 yuliana02umrah@gmail.com Program studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji ABSTRAK Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Sedangkan media pembelajaran merupakan sarana komunikasi dan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaranPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PAKABON, tingkat validitas media PAKABON, tingkat praktikalitas media PAKABON. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan desain pembelajaran 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate tetapi hanya sampai pada tahap develop karena keterbatasan biaya dan waktu. Subjek uji coba ini adalah satu orang guru kimia dan 20 peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Analisis data yang digunakan untuk penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat validitas media PAKABON ditinjau dari validasi materi sebesar 94,44% dengan kriteria sangat valid dan validasi media sebesar 89,23% dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas media PAKABON ditinjau dari praktikalitas PAKABON terhadap guru memperoleh hasil 86,84% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas PAKABON terhadap peserta didik memperoleh hasil 81,00% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media PAKABON sangat valid dan praktis sehingga dapat digunakan peserta didik sebagai media pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, pakabon, hidrokarbon.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: yuliana yuliana yuliana
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:36
Last Modified: 12 Aug 2019 02:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item