Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMA pada Materi Senyawa Hidrokarbon

Ramadhani, Delvia (2019) Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMA pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMA pada Materi Senyawa Hidrokarbon.

[img] Text
Delvia Ramadhani_140384204016_Pendidikan Kimia_2014.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 43 siswa kelas XI IPA 1. Instrumen yang digunakan yaitu tes bentuk uraian non objektif (BUNO). Model pengembangan yang digunakan peneliti pada peneltian ini adalah menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validitas instrumen tes kemampuan berpikir relektif memiliki kualitas soal yang valid yang diberikan oleh ketiga validator ahli. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, hasil rata-rata validator 1 sebesar 78%, validator 2 sebesar 87% dan validator 3 sebesar 85% yang terdiri dari tiga aspek yaitu materi, konstruk dan bahasa dengan 8 soal uraian bentuk non objektif (BUNO) yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas item 0,82 yang memenuhi indikator outfitMeans Square, Outfit Z-standard dan Point Measure Correlation.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Delvia Ramadhani
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:41
Last Modified: 14 Aug 2019 07:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item