KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS)DAN MAKE-A MATCH(MM)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

permatasari, indah KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS)DAN MAKE-A MATCH(MM)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE-A MATCH (MM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (Unpublished)

[img] Text
Indah Permatasari-140384204040-KIMIA-2019.pdf

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang komparasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make-a Match (MM) terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make-a Match terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik undian. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,085 (p = 0,085 > 0,05), berarti Ho di terima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Tidak tertdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make-A Match terhadap hasil belajar siswa. Perbandingan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajran kooperatif tipe MM dan pada kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 66% dan 58%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: indah permata sari
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:41
Last Modified: 14 Aug 2019 07:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item