Analisis Jenis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kimia Materi Redoks

Nufus, Hayatun Analisis Jenis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kimia Materi Redoks. Analisis Jenis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kimia Materi Redoks. (Unpublished)

[img] Text
HAYATUN NUFUS-140384204053-FKIP-2019.pdf

Download (579kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kimia materi redoks kelas X IPA SMA Negeri 1 Toapaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel yaitu seluruh kelas X IPA yang berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk uraian terhadap 64 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kimia materi redoks berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) Persentase kesalahan membaca sebesar 0%, (b) Persentase kesalahan memahami sebesar 27%, (c) Persentase kesalahan transformasi sebesar 36%, (d) Persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 58%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 62%. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Reaksi Reduksi-Oksidasi, Prosedur Newman

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Hayatun Nufus Nufus
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:32
Last Modified: 12 Aug 2019 03:32
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item