PENERAPAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENYAJIAN SOAL BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG

Triastuti, Putri Maharani and Dwinata, Alona and Izzati, Nur PENERAPAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENYAJIAN SOAL BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG. PENERAPAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENYAJIAN SOAL BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img] Text
Putri Maharani Triastuti-150384202023-2015-converted.pdf

Download (187kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang sulit menganalisis suatu permasalahan yang diberikan terutama pada soal cerita. Siswa selalu menghandalkan guru sebagai pemberi seluruh materi dan membuat pembelajaran kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan collaborative problem solving lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen utama berupa lembar observasi dan instrumen tes, sedangkan instrumen pendukung berupa RPP dan LKS. Data dianalisis dengan data kuantitatif yaitu dengan gain ternormalisasi untuk melihat besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, uji normalitas untuk mengetahui apakah data dari hasil N-gain dari kelompok eksperimen dan kontrol yang berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mengetahui sampel berasal dari populasi homogen atau tidak, uji hipotesis untuk mengetahui rata-rata hasil N-gain memiliki rata-rata signifakan atau tidak dan data kualitatif untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui pembelajaran collaborative problem solving lebih tinggi signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Maharani Triastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item