Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bintan

Safitri, Febry (2019) Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bintan. Sarjana S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition)
FEBRY SAFITRI_150384202010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition di kelas VII SMP Negeri 3 Bintan dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bintan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik acak kelas, didapatkan kelas VII A sebagai kelas ekperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk essay dan observasi. Hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 1,009555 dan kelas kontrol 0,701407. Hasil sig.(2-tailed) pada uji independent t-test menunjukkan hasil sebesar 0,008 dengan α = 0,05, karena menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan maka berdasrkan kriteria x nilai sig. (2-tailed) ≤ α H0 ditolak. Sehingga 0,004 ≤ 0,05 yang berarti bahwa terjadi penolakan H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bintan melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapatkan pembelajaran melalui pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Sarjana S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Febry Safitri Safitri
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item