EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KESENIAN MARAWIS SEBAGAI SUMBER UNTUK PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA

Afriyanty, Marina (2019) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KESENIAN MARAWIS SEBAGAI SUMBER UNTUK PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA. Sarjana S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Skripsi-Eksplorasi-Etnomatematika-Kesenian-Marawis-Marina-Afriyanty.PDF

Download (16MB)

Abstract

Afriyanty, Marina. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Marawis Sebagai Sumber Untuk Penyusunan Bahan Ajar Matematika. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Dra. Linda Rosmery Tambunan., M.Si. Kata Kunci: Etnomatematika Kesenian Marawis, bahan ajar matematika. Terbatasnya penggunaan bahan ajar yang diangkat dari budaya daerah merupakan suatu hal yang harus dikembangkan dalam dunia pendidikan, terutama pada pembelajaran matematika. Sehingga, hal tersebut menjadi alasan dalam melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika yang ditemukan pada Kesenian Marawis kemudian menjadikannya sebagai sumber untuk penyusunan bahan ajar matematika berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini berjenis etnografi dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari dengan triangulasi teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada informan Saudara Romdhon Kholili. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat tiga aktivitas matematika pada Kesenian Marawis, yaitu aktivitas merancang dan mengukur pada proses pembuatan alat musik Marawis serta aktivitas bermain saat memainkan alat musik Marawis. 2) Diperoleh temuan Etnomatematika yaitu konsep bangun ruang dan bangun datar, konsep transformasi geometri (translasi, refleksi, dan rotasi), konsep simetri putar dan simetri lipat, konsep persamaan linear dua variabel, konsep pecahan, konsep kekongruenan dan kesebangunan, konsep sudut, dan konsep pola bilangan. 3) Tiga buah LKPD berhasil dirancang, yaitu untuk materi Segiempat dan Segitiga, Pola Bilangan, serta Kekongruenan dan Kesebangunan dalam konteks budaya Kesenian Marawis.

Item Type: Thesis (Sarjana S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Marina Afriyanty Marina
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item