ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN CAMPURAN PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SATU ATAP TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ananda, Riski Arta (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN CAMPURAN PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SATU ATAP TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif)
RISKI ARTA ANANDA-150384202031-FKIP-2019.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari ilmu matematika. Pembelajaran matematika disekolah tidak hanya bertujuan agar peserta didik paham dengan materi yang diajarkan, peserta didik yang memahami materi diharapkan dapat menerapkan materi yang diajarkan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu peserta didik dituntut mampu menghubungkan, mengaitkan, mengolah serta memodifikasi pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka menyelesaiakan permasalahan yang dihadapinya. Kemampuan berpikir reflektif adalah kemampuan berpikir dimana peserta didik mampu menemukan dan membatasi informasi yang diketahui dan ditanyakan, menjeleskan hubungan kedua informasi, mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan, merancang strategi efektif untuk menyelesaikan masalah dan mampu menerapkannya, mendeteksi kesalahan dan mampu memperbaiki serta mampu memberikan pembuktian jawaban yang diperoleh dan menyimpulkannya. Karena itu penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi pecahan campuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 14 Satu Atap Tanjungpinang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII SMPN 14 Satu Atap dalam menyelesaikan soal operasi pecahan campuran terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memenuhi fase berpikir reflektif yaitu reacting, comparing, dan contemplating (25%). Kelompok kedua peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif sedang dapat memenuhi fase berpikir reflektif yaitu reacting dan comparing (50%). Kelompok ketiga peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif rendah hanya mampu memenuhi fase berpikir reflektif reacting (17%)

Item Type: Thesis (Sarjana S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Arta Ananda
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:54
Last Modified: 12 Aug 2019 07:54
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/3995

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item