Peningkatan Hasil Belajar Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Kartu Masalah pada Kelas VII SMPN 3 Bintan

Juliani, Reza Widiya (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Kartu Masalah pada Kelas VII SMPN 3 Bintan. Sarjana S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation)
WATERMAK REZA WIDIYA-150384202029.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan kartu masalah dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata gain kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari rata-rata gain kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,4158. Sedangkan rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,1480. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test dengan bantuan software SPSS pada taraf signifikansi 5% atau (α=0,05), diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,004. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) maka berdasarkan kriteria 1/2 x 0,004=0,002. Sehingga Sig. 0,002 ≤0,05, maka H_0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Widiya Juliani
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item