Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tari Sekapur Sirih Kepulauan Riau Sebagai Sumber Belajar Matematika Sesuai Kurikulum 2013

Yani, Zainudin Ahmad and Izzati, Nur and Dwinata, Alona Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tari Sekapur Sirih Kepulauan Riau Sebagai Sumber Belajar Matematika Sesuai Kurikulum 2013. Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tari Sekapur Sirih Kepulauan Riau Sebagai Sumber Belajar Matematika Sesuai Kurikulum 2013. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ZAINUDIN.pdf

Download (612kB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya pengetahuan siswa terhadap budaya di daerahnya membuat budaya tersebut menjadi punah, untuk menjaga agar tidak punah budaya tersebut harus dilestrasikan sehingga diperlukan suatu penelitian dengan tujuan mengeksplorasi etnomatematika kesenian tari sekapur sirih Kepulauan Riau yang dapat dijadikan sumber belajar matematika sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi menggunakan instrument utama yaitu peneliti sendiri dengan instrument pendamping berupa lembar wawancara dan lembar observasi. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Terdapat dua aktivitas matematika dalam kesenian tari sekapur sirih Kepulauan Riau yaitu aktivitas mengukur dan aktivitas mendesain. 2). Terdapat empat konsep matematika sekolah yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar berupa LKPD yaitu konsep bangun datar, sudut, refleksi dan kekongruenan. Kata Kunci: etnomatematika, kesenian tari sekapur sirih Kepulauan Riau, sumber belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainudin Ahmad Yani
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item View Item