ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG

Fatmawati, Fatmawati ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
FATMAWATI-150384202045-FKIP-2019.pdf

Download (407kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang dianalisis berdasarkan level berpikir teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Dari 37 peserta didik kelas VIII D kemudian dikelompokkan berdasarkan masing-masing level berpikir teori Van Hiele dengan menggunakan soal tes, dengan hasil untuk level 0 terdapat 31 peserta didik, untuk level 1 terdapat 1 orang peserta didik dan level 2 terdapat 1 orang peserta didik. Lalu selanjutnya peserta didik yang sudah dikelompokkan tersebut diberikan soal tes kemampuan koneksi matematis dengan hasil pengkategorian sebagai berikut : untuk level 0 kategori cukup sebanyak 6 orang peserta didik, kategori kurang sebanyak 2 orang peserta didik dan untuk kategori kurang sekali sebanyak 23 peserta didik. Untuk level 1, berada pada kategori cukup, dan untuk level 2 berada pada kategori kurang sekali. Kemudian dipilihkan tujuh informan yang mewakili pada masing-masing level dengan kriteria sudah mampu memahami tiga indikator kemampuan koneksi matematis pada tiap soal dan memiliki jawaban yang sama dengan peserta didik lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum seluruh peserta didik masih berada pada level 0 berpikir geometri menurut teori Van Hiele. Dari tiga soal kemampuan koneksi matematis, peserta didik tidak mampu memahami tiga indikator kemampuan koneksi matematis pada soal nomor tiga di semua level berpikir teori Van Hiele. Pada level 0 untuk kategori cukup dan kurang peserta didik yang mampu memahami tiga indikator kemampuan koneksi matematis hanya bisa mengerjakan soal nomor satu dan soal nomor dua, sedangkan untuk kategori kurang sekali peserta didik yang mampu memahami tiga indikator kemampuan hanya bisa mengerjakan soal nomor satu. Pada level 1 untuk kategori cukup, peserta didik yang mampu memahami tiga indikator kemampuan koneksi matematis hanya bisa mengerjakan soal nomor satu dan soal nomor dua. Pada level 2 untuk kategori kurang, peserta didik yang mampu memahami tiga indikator kemampuan koneksi matematis hanya bisa mengerjakan soal nomor satu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item View Item