Efektivitas Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Katolik Tanjungpinang

Simanjuntak, Duma Yola and Linda, Rosmery. T and Febrian, Febrian Efektivitas Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Katolik Tanjungpinang. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Katolik Tanjungpinang. (Unpublished)

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Katolik Tanjungpinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dan rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional. Kurangnya keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa yang masih kurang dari KKM mata pelajaran matematika disekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Learning Start with a Question (LSQ) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji kesamaan rata-rata yaitu analisis Independent Sample T-test satu pihak kanan antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Start with a Question dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Berdasarkan analisis data yang mengunakan bantuan SPSS 20 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Sig. = 0,000. Karena Sig. kurang dari 0,05 ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Start with a Question lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Learning Start with a Question, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Duma Yola Simanjuntak
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item