ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA BIDANG MATEMATIKA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG

Syaras Mita, Desi ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA BIDANG MATEMATIKA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA BIDANG MATEMATIKA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img] Text
DESI SYARAS MITA-150384202042-FKIP-2019.pdf

Download (637kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA bidang matematika pada konten change and relationship (perubahan dan hubungan) dan quantity (bilangan) di SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang berjumlah 35 peserta didik. Dari 35 peserta didik yang mengikuti tes dipilih dua peserta didik yang mewakili kelompok tinggi, empat peserta didik yang mewakili kelompok sedang dan dua peserta didik yang mewakili kelompok rendah. Kedudukan kelompok tersebut ditentukan berdasarkan standar deviasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini diperoleh 4 jenis kesalahan, setiap jenis kesalahan tersebut yaitu kesalahan membaca 3,8%, kesalahan memahami 55,67%, kesalahan transformasi 35,44% dan kesalahan keterampilan proses 5,06%. Hasil menunjukan kesalahan memahami dan kesalahan transformasi lebih dominan dibandingkan kesalahan lainnya. Secara umum, faktor penyebab kesalahan ialah kurang memahami informasi atau masalah pada soal dan ketidakmampuan peserta didik dalam mengubah bentuk soal yang berlandaskan dengan kehidupan sehari-hari kedalam model matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Desi Syaras Mita
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item