ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN CAMPURAN PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SATU ATAP TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Ananda, Riski Arta ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN CAMPURAN PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SATU ATAP TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN CAMPURAN PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SATU ATAP TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. (Unpublished)

[img] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif)
RISKI ARTA ANANDA-150384202031-FKIP-2019.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Pembelajaran matematika disekolah tidak hanya bertujuan agar peserta didik paham dengan materi yang diajarkan, peserta didik yang memahami materi diharapkan dapat menerapkan materi yang diajarkan dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir reflektif adalah kemampuan berpikir dimana peserta didik mampu menemukan dan membatasi informasi yang diketahui dan ditanyakan, menjeleskan hubungan kedua informasi, mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan, merancang strategi efektif untuk menyelesaikan masalah dan mampu menerapkannya, mendeteksi kesalahan dan mampu memperbaiki serta mampu memberikan pembuktian jawaban yang diperoleh dan menyimpulkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi pecahan campuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 14 Satu Atap Tanjungpinang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII SMPN 14 Satu Atap dalam menyelesaikan soal operasi pecahan campuran terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memenuhi tiga fase berpikir reflektif (25%). Kelompok kedua peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif sedang dapat memenuhi dua fase berpikir reflektif (50%). Kelompok ketiga peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif rendah hanya mampu memenuhi satu fase berpikir reflektif (17%)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Arta Ananda
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item