EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI TRADISIONAL ZAPIN PENYENGAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH

Lestari, puja EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI TRADISIONAL ZAPIN PENYENGAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH. EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI TRADISIONAL ZAPIN PENYENGAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY PUJA new.pdf

Download (801kB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan budaya terhadap pembelajaran di sekolah membuat budaya perlahan dilupakan. Sehingga diperlukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada tari tradisional Zapin Penyengat sebagai sumber belajar matematika sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desain etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen utama yaitu peneliti dengan berbantuan instrumen pendamping yaitu lembar observasi dan wawancara. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat beberapa aktivitas matematika dalam tari tradisional Zapin Penyengat yaitu aktivitas mengukur dan aktivitas menghitung. Aktivitas mengukur terdapat pada posisi tangan dan posisi kaki penari saat penari melakukan gerakan, aktivitas mengukur juga terdapat pada saat penari melakukan perputaran dan perubahan arah hadap. Sedangkan aktivitas menentukan lokasi terdapat pada saat penari menentukan posisi dengan melihat patokan yang ada di depan. 2) Hasil eksplorasi etnomatematika pada tari Zapin Penyengat dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika sekolah dengan cara mengaitkan konsep matematika dengan kurikulum 2013 yang sudah dianalisis oleh peneliti, kemudian mengumpulkan referensi yang terbaru yang berkaitan dengan materi, hasil eksplorasi etnomatematika pada tari Zapin Penyengat dapat dijadikan sumber belajar matematika berupa hand out dengan menggunakan bahasa yang jelas yang mudah dipahami oleh peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Puja PL Lestari
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:41
Last Modified: 14 Aug 2019 07:41
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4030

Actions (login required)

View Item View Item