Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang

Sry Indah Lestari, Erizka Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
Erizka Sry Indah Lestari - 150384202009 - FKIP - 2019.pdf

Download (578kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis pada materi penyajian data. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen sebesar 0,509, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,332. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,015. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,0075 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Missouri Mathematics Project kolaborasi Talking Chips lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Talking Chips, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Erizka Sry Indah Lestari
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4032

Actions (login required)

View Item View Item