Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bintan

Safitri, Febry Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bintan. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL_FEBRY SAFITRI_150384202010.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition di kelas VII SMP Negeri 3 Bintan dengan desain PretestPosttest Control Group Design, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bintan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik acak kelas, didapatkan kelas VII A sebagai kelas ekperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk essay dan observasi. Hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 1,009555 dan kelas kontrol 0,701407. Hasil sig.(2-tailed) pada uji independent t-test menunjukkan hasil sebesar 0,008 dengan α = 0,05, karena menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan maka berdasrkan kriteria x nilai sig. (2-tailed) ≤ α H0 ditolak. Sehingga 0,004 ≤ 0,05 yang berarti bahwa terjadi penolakan H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bintan melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapatkan pembelajaran melalui pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Febry Safitri Safitri
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:43
Last Modified: 14 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item