Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Konteks Kemaritiman pada Topik Fungsi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas

Witri, Syarfina Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Konteks Kemaritiman pada Topik Fungsi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Konteks Kemaritiman pada Topik Fungsi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. (Unpublished)

[img] Text
SYARFINA WITRI - 150384202069 - FKIP - 2019.pdf

Download (305kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan konteks kemaritiman pada topik fungsi di SMA kelas X yang berkualitas. Prosedur pengembangan soal menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. soal yang dikembangkan terdiri dari 10 soal uraian sesuai dengan materi fungsi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, pengujian empiris dan angket. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi, lembar hasil uji coba, dan lembar angket respon. Teknik analisi data yaitu analisis, deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis yaitu analisis data hasil validasi, analisis data lembar hasil uji coba, dan analisis angket respon. Analisis data lembar hasil uji coba meliputi analisis kevalidan soal, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 2 Tanjungpinang. Sedangkan subjek uji coba lapangan adalah siswa SMAN 2 Tanjungpinang kelas X MIA 2. Berdasarkan hasil analisis pada lembar validasi ahli, semua soal memiliki kategori validitas baik. Pada uji coba lapangan ada 9 soal yang valid, tingkat relialitas soal 0,90, daya pembeda soal 4 dan tingkat kesulitan soal bervariasi. Sehingga, secara keseluruhan ada 9 soal yang berkualitas. Kata Kunci : pengembangan, Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), konteks kemaritiman)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan konteks kemaritiman pada topik fungsi di SMA kelas X yang berkualitas. Prosedur pengembangan soal menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. soal yang dikembangkan terdiri dari 10 soal uraian sesuai dengan materi fungsi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, pengujian empiris dan angket. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi, lembar hasil uji coba, dan lembar angket respon. Teknik analisi data yaitu analisis, deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis yaitu analisis data hasil validasi, analisis data lembar hasil uji coba, dan analisis angket respon. Analisis data lembar hasil uji coba meliputi analisis kevalidan soal, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 2 Tanjungpinang. Sedangkan subjek uji coba lapangan adalah siswa SMAN 2 Tanjungpinang kelas X MIA 2. Berdasarkan hasil analisis pada lembar validasi ahli, semua soal memiliki kategori validitas baik. Pada uji coba lapangan ada 9 soal yang valid, tingkat relialitas soal 0,90, daya pembeda soal 4 dan tingkat kesulitan soal bervariasi. Sehingga, secara keseluruhan ada 9 soal yang berkualitas. Kata Kunci : pengembangan, Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), konteks kemaritiman)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Syarfina Witri
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item View Item