EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG

Apriyan, Apriyani EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG. (Unpublished)

[img] Text
APRIYANI-150384202003-FKIP-2019.pdf

Download (982kB)
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis kearifan lokal lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tanjungpinang dibandingkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Grup Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eskperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi data, gain ternormalisasi, uji prasyarat, dan uji hipotesisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbasis kearifan lokal lebih efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dibandingkan dengan model konvensional. Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Kearifan Lokal, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Apriyani Apriyani
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item