Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Dengan Soal Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjungpinang

Pratiwi, Nadila and Izzati, Nur and Dwinata, Alona Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Dengan Soal Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjungpinang. Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Dengan Soal Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjungpinang. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Repository Nadila.pdf

Download (293kB)

Abstract

Pembelajaran yang bersifat hafalan rumus dan soal-soal pada buku teks yang cenderung bersifat closed ended problem untuk melatih kemampuan penalaran matematis dapat menyebabkan kemampuan penalaran matematis siswa belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran auditory, intellectually, and repetition dengan soal open-ended lebih tinggi daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji kesamaan rata-rata yaitu analisis Independent Sample T-test satu pihak kanan antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran auditory, intellectually, and repetition dengan soal open-ended dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Berdasarkan analisis data yang mengunakan bantuan SPSS 20 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Sig. = 0,000. Karena Sig. kurang dari 0,05 ini menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata N-gain kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Auditory Intellectually and Repetition, Soal Open-Ended, Kemampuan Penalaran Matematis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadila Pratiwi
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item