Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) Memuat Karakteristik PMRI Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan

Riski Pinasti, Ria Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) Memuat Karakteristik PMRI Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) Memuat Karakteristik PMRI Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan. (Unpublished)

[img] Text
Ria Riski Pinasti_150384202063_FKIP_2019.docx

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditorry Intellectually Repetition) memuat karakteristik PMRI dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang di ambil dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII.C dengan jumlah siswa 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi nilai rata-rata. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,6698, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3671. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-tes pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < α, maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditorry Intellectually Repetition) memuat karakteristik PMRI lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ria RP Pinasti
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item View Item