EFEKTIFITAS PENGGUNAAN CABRI 3 DIMENSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP SWASTA PELITA NUSANTARA TANJUNGPINANG

Kartika, Yulia EFEKTIFITAS PENGGUNAAN CABRI 3 DIMENSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP SWASTA PELITA NUSANTARA TANJUNGPINANG. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN CABRI 3 DIMENSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP SWASTA PELITA NUSANTARA TANJUNGPINANG. (Unpublished)

Full text not available from this repository.
Official URL: https://fkip.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa masih banyak siswa yang menganggab matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga siswa tidak dapat menerima pembelajaran dengan baik. Hal ini menyebabkan siswa sulit untuk memahami pembelajaran matematika, terutama dalam pembelajaran geometri, dimana siswa dituntut untuk dapat mengabstrakkan bangun-bangun 3D yang terdapat dalam pembelajaran geometri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami dan mengabstrakkan bangun-bangun ruang yang terdapat dalam pembelajaran geometri. Pada penelitian ini menggunakan media Cabri 3D, dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPS Pelita Nusantara tanjungpinang tanun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah:10. Hasil tes pemahaman konsep siswa meningkat; 2). Penggunaan media Cabri 3D dsangan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, kesulitan siswa dalam mengabstrakkan bangun-bangun dalam pembelajaran geometri dapat teratasi, dan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dalam pembelajaran geometri.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulia Kartika
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:44
Last Modified: 14 Aug 2019 07:44
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item